PD PAL JAYA Adakan Layanan Sedot Tangki Septik Masjid Gratis


JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H, Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah ( PD PAL JAYA) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Baznas (Baziz) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) melalui Program Perduli Lingkungan Masjid meluncurkan program layanan sedot tangki septik masjid secara gratis, Rabu (22/7/2020).

Bertempat di Masjid Jami Asy Syafiun, Jalan H Awaludin I Nomor 4, RT 03 RW 17, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, acara peluncuran tersebut dihadiri langsung oleh Plh Direktur Utama PD PAL JAYA Erwin Marphy Ali, perwakilan Badan Pengawas PD PAL JAYA Tate Qomaruddin, Ketua Pimpinan Baznas (Baziz) Provinsi DKI Jakarta Ahmad Luthfi Fathullah, dan Ketua Dewan Masjid Indonesia DKI Jakarta Ma'mun Al Ayyubi.

Acara peluncurkan program ini ditandai dengan pemotongan pita spanduk Layanan Sedot Tangki Septik Masjid Secara Gratis oleh Ahmad Luthfi Fathullah usai penyampaian tausyiah oleh Uztaz Syamsuddin Nur Makka.

Ahmad Luthfi Fathullah yang ditemui usai acara tersebut mengatakan, "Kita kan kerja samanya tuh kampanye bersama-sama, siapa yang mau ikut program maka kami menerima, maka akan kami salurkan. Jadi sifatnya kalo kita dapat 1.000 maka kita saluran 1.000, kalau 100 maka kita salurkan 100." 

Ia juga menjelaskan bahwa program ini ditargetkan akan dilakukan di 250 masjid di wilayah DKI Jakarta.

Sementara, Plh Direktur Utama PD PAL JAYA Erwin Marphy Ali menambahkan, program layanan sedot tanGki septik gratis ini sudah dilakukan sejak akhir 2019 lalu.

"September 2019 kita MoU, kemudian Desember 2019 kita sudah mulai kegiatannya. Sekarang ini launching untuk kegiatan Idul Adha. Jadi, bukannya baru sekarang," katanya.

Erwin menambahkan, program ini dilakukan menjelang Idul Adha karena limbah dari pemotongan hewan kurban perlu dikelola. Untuk itu tanki septik perlu dikosongkan.

Selain itu, Direktur Administrasi dan Keuangan PD PAL JAYA Hidayat Sigit Suryanto menambahkan bahwa program ini dirancang agar jemaah masjid dari mana saja dapat berperan serta dengan mendapatkan paket kupon dari Baznas yang terdiri dari 3 paket, yakni kupon senilai Rp50.000, Rp100.000, dan Rp300.000.

"Nanti Baznas akan menghubungi PD PAL JAYA untuk melalukan kegiatan penyedotannya," tuturnya.  

Selain program layanan sedot tangki septik masjid, Hidayat Sigit juga memperkenalkan program lainnya yang juga merupakan kolaborasi PD PAL JAYA bersama Baznas (Baziz) dan DMI, yakni sosialisasi sanitasi yang baik kepada takmir-takmir masjid, terutama kebersihan air di lingkungan masjid dengan target 3.000 masjid di Jakarta.

Link Berita : https://www.netralnews.com/peristiwa/read/218089/pd-pal-jaya-adakan-layanan-sedot-tangki-septik-masjid-gratis