Kunjungan Wakil Duta Besar Australia ke Penerima Manfaat Hibah Sanitasi di Kelurahan Karet Setiabudi

 

Pada tanggal 16 Mei 2018, Direktur Utama Perusahaan Daerah Pengolahan Air lImbah Jakarta (PD PAL Jaya) Subekti bersama dengan Perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) dan team dari Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT) mendampingi Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Allaster Cox mengunjungi sejumlah warga yang mendapat bantuan sambungan pengolahan air limbah rumah tangga secara gratis di Kelurahan Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Fasilitas sanitasi ini merupakan bagian dari hibah Pemerintah Australia kepada Pemerintah Indonesia melalui program peningkatan infrastruktur sanitasi yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat perkotaan. Sejak diluncurkan pada tahun 2013 (Program Sanitasi Hibah tahap 2), ada sekitar 415 rumah tangga di Jakarta, yang dulunya memakai tanki septik untuk menampung limbah rumah tangganya, kini memiliki akses langsung ke pengolahan limbah terpadu milik PD PAL.

Dengan adanya bantuan fasilitas sanitasi ini banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat salah satunya mengenai kemudahan mendapat layanan pada saat terjadi gangguan seperti pipa mampet atau bau, PD PAL selaku operator berusaha untuk cepat tanggap mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan jaringan air limbah di cakupan wilayah layanan. Selain itu, banyak perubahan positif terjadi di lingkungan pemukiman padat penduduk ini.

“Setahu saya, dulu banyak warga yang terkena diare. Belum lagi kalau musim hujan, tanki septik meluap dan mengeluarkan bau tak sedap selama berhari-hari, sangat tidak sehat, apalagi untuk bayi dan anak-anak. Sekarang lingkungan menjadi lebih bersih, dan warga jarang terkena diare lagi,” jelas Ibu Karti yang tinggal di RT 01 RW 04.