Peluncuran Desain Besar Layanan Air Minum dan Air Limbah Domestik, Peluncuran Desain Besar Jakarta Menuju Kota Layak, Peluncuran Desain Besar Pertanian Perkotaan dan Peluncuran Desain Besar Sistem Pengelolaan Sampah

Jakarta, 23 Januari 2018. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan empat desain besar dalam upaya mewujudkan Ibu Kota sebagai kota yang berketahanan. Desain Besar tersebut merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah DKI Jakarta melalui Kedeputian Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dengan Lembaga Non Pemerintah yaitu (i) IUWASH PLUS, (ii) Yayasan KARINA Caritas Indonesia, (iii) PLAN International Indonesia, dan (iv) D’Art of Waste Institute Bandung. Keempat desain besar tersebut adalah (i) Desain Besar (Grand Design) Layanan Air Minum dan Air Limbah Domestik DKI Jakarta 2018-2022, (ii) Desain Besar (Grand Design) Jakarta Menuju Kota Layak Anak 2018-2022, (iii) Desain Besar (Grand Design) Pertanian Perkotaan 2018-2030 dan (iv) Desain Besar (Grand Design) Sistem Pengelolaan Sampah. Melalui desain besar ini, Bapak Gubernur berharap DKI Jakarta dapat menjadi wilayah yang ramah anak, dengan cadangan air bersih dan sanitasi yang baik sekaligus terdapat ruang pertanian yang memadai serta bebas dari permasalahan sampah.
Gubernur DKI Jakarta mengapresiasi hasil kerja Kedeputian Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup serta Lembaga Non Pemerintah yang terlibat langsung dalam penyusunan desain besar ini khususnya  inisiatif untuk membangun kota layak anak. Gubernur DKI Jakarta berharap konsep dan grand desainyang sudah disusun mampu mengikuti pergerakan zaman di abad 21.
Peluncuran keempat Desai Besar tersebut ditandai dengan pemukulan Gong oleh Gubernur DKI Jakarta sebanyak 3 (tiga) kali. Adapun materi Desain Besar dapat di unduh di alamat berikut :

  1.  http://tarulh.com/2018/01/23/desain-besar-bangunan-gedung-hijau/
  2. http://tarulh.com/2018/01/23/desain-besar-sistem-pengelolaan-sampah/
  3. http://tarulh.com/2018/01/23/desain-besar-air-minum-dan-limbah-domestik/
  4. http://tarulh.com/2018/01/23/desain-besar-kota-layak-anak/
  5. http://tarulh.com/2018/01/23/desain-besar-pertanian-perkotaan/